LK 1 HMI Komisariat UPN “Veteran” Yogyakarta Sebagai Aktualisasi Bela Negara

LK 1 HMI Komisariat UPN “Veteran” Yogyakarta Sebagai Aktualisasi Bela Negara

Sleman – Jum’at (6/3) telah diadakan kegiatan Basic Training (batra) atau dikenal juga Latihan Kader (LK) 1 oleh HMI Komisariat UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY). Bertempat di Asrama Al-Islam, LK 1 ini berlangsung selama 3 hari 2 malam. Mulai dari Jum’at malam dan berakhir pada Ahad siang. Mahasiswa dari berbagai kampus, seperti UPNVY, UGM, UII, dan Politeknik API, turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Dipilihnya Asrama Al-Islam sebagai tempat kegiatan, salah satu alasannya karena asrama ini dalam pengelolaan Shomiyatun, Dosen UPN sekaligus Alumni HMI. Tentunya, selain menyelnggarakan LK 1, dengan berkegiatan di tempatnya, juga menjadi momentum untuk bersilaturrahmi dengannya. Meskipun sudah menjadi alumni, tetapi ia sampai sekarang masih aktif di kepengurusan FORHATI (Forum HMIwati) DIY dan diamanahkan sebagai ketua di dalamnya. Dan, ia sendiri sangat mendukung penyelenggaraan LK 1 di tempatnya. Sebab, baginya, HMI akan terus eksis selama LK 1 masih ada sebagaimana LK 1 sendiri adalah pintu masuk bagi mahasiswa Islam yang ingin berproses di HMI.

Sambutan Bagas Setiyo W, Ketum HMI Komisariat UPN “Veteran” Yogyakarta

LK 1 kali ini, mengusung tema “Aktualisasi Nilai-nilai Keislaman dan Bela Negara Dalam Diri Kader HMI Sebagai Generasi Penggerak Peradaban”. Tema yang diambil dari kontekstualisasi nilai-nilai HMI dalam berbangsa dan bernegara. Bagas Setiyo W, Ketum HMI Komisariat UPNVY, mengutarakan bahwa lewat tema tersebut harapannya akan menjadi refleksi, khususnya bagi peserta LK 1. “Sebagai kader HMI, sudah menjadi hal yang wajib untuk mengaktualisasikan nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan dalam setiap langkah kehidupannya,” jelasnya. Kemudian, “karena sebagai seorang pejuang dan pemikir, kader HMI harus hidup bersama manusia lain di sekitarnya dan mengambil peran sebagai tanggung jawabnya untuk turut serta mewujudkan tatanan masyarakat yang diridhoi Allah SWT,” lanjutnya.

Asep Saepudin bersama kader HMI UPNVY Sayyid Alhur dan Bagas Setiyo W

Kegiatani ini berisi 8 sesi materi yang diisi oleh pengader-pengader HMI Cabang Sleman. Termasuk juga Kanda Fadjar Mulya, Ketua PPI Dunia 2018-2019, yang ikut mengisi materi secara daring dari Thailand. Asep Saepudin, Wakil Dekan 3 Fisip UPNVY, juga berkesempatan mengisi dalam kegiatan ini. Dulunya, semasa mahasiswa, ia juga aktif di HMI.

HMI Cabang Sleman

HMI cabang Sleman, Menuju tatanan peradaban Islam, meraih izzah islam dengan perjuangan MEMPERTEGUH PERKADERAN, MENGABDI UNTUK UMAT BERKARYA UNTUK BANGSA
Close Menu
%d blogger menyukai ini: